Image of Peran modal sosial dalam pengembangan usaha ternak kerbau rawa di Desa Pulau  layang Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir

Text

Peran modal sosial dalam pengembangan usaha ternak kerbau rawa di Desa Pulau layang Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir



Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengukur kondisi modal sosial dalam kelompok peternak kerbau rawa di desa Pulau Layang, Kecamatan Pamapangan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, (2) Mengukur kondisi sistem agribisnis usaha ternak kelompok peternak kerbau rawa di desa Pulau Layang, Kecamatan Pampangan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, (3) Menganalisis hubungan modal sosial dengan sistem agribisnis usaha ternak peternak kerbau rawa di desa Pulau Layang, Kecamatan Pampangan, Kabupaten Ogan Komering Ilir.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pulau Layang Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Pelaksanaan pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan April 2016. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah metode sensus. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data primer dan data skunder.
Berdasarkan hasil penelitian jumlah skor rata-rata yang menggambarkan kondisi modal sosial kelompok peternak kerbau rawa di Desa Pulau Layang berada pada kriteria tinggi dengan jumlah skor rata-rata 154,57. Sementara jumlah skor rata- rata yang menggambarkan kondisi sistem agribisnis usaha ternak kerbau rawa dalam kelompok peternak termasuk dalam kriteria tidak baik dengan jumlah skor rata-rata 43,77.
Berdasarkan hasil uji Rank Spearman terdapat hubungan yang posistif antara kepercayaan dan pemeliharaan ternak kerbau rawa, terdapat hubungan positif antara norma sosial dengan pemeliharaan dan permodalan/penunjang, terdapat hubungan positif antara interaksi sosial dan pemasaran, tidak terdapat hubungan yang nyata antara kepercayaan dengan sistem agribisnis (pengolahan hasil produksi, pemasaran, permodalan/penunjang), tidak terdapat hubungan yang nyata antara norma sosial dengan pengolahan hasil produksi dan pemasaran hasil produksi. Tidak terdapat hubungan yang nyata antara interaksi sosial dan sistem agribisnis (pemeliharaan, pegolahan hasil produksi, permodalan/penunjang), serta tidak terdapat hubungan yang nyata antara jaringan sosial dan sistem agribisnis (pemeliharaan, pengolahan hasil produksi, pemasaran, permodalan/penunjang) usaha ternak kerbau rawa.


Ketersediaan

S001958S636.210 759 816 Fat p 2016Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
636.210 759 816 Fat p 2016
Penerbit Fak. Pertanian : Inderalaya.,
Deskripsi Fisik
xi, 94 hlm. : ilus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
636.210 759 816
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this