Image of Pengaruh perbedaan konsentrasi pediococcus halophilus Fncc-0032 dan lama fermentasi terhadap karakteristik mikrobiologi terasi Ikan Teri  (Stolephorus sp)

Text

Pengaruh perbedaan konsentrasi pediococcus halophilus Fncc-0032 dan lama fermentasi terhadap karakteristik mikrobiologi terasi Ikan Teri (Stolephorus sp)



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi Pediococcus halophilus FNCC-0032 dengan perbedaan lama fermentasi terhadap karakteristik mikrobiologi terasi ikan teri (Stolephorus sp.). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2015 sampai dengan bulan Maret 2016. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial (RAKF) dengan 2 faktor perlakuan dan 2 kali ulangan. Faktor pertama yaitu konsentrasi Pediococcus halophilus FNCC-0032 yang terdiri dari 0, 106, 109 CFU/mL dan lama fermentasi yang terdiri dari 7, 14 dan 21 hari. Parameter yang diamati meliputi analisis mikrobiologi (angka lempeng total, total bakteri asam laktat, total Vibrio cholerae dan total Pseudomonas sp.) dan analisis kimia (total asam laktat dan kadar gula pereduksi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi Pediococcus halophilus FNCC-0032 berpengaruh nyata terhadap angka lempeng total, total bakteri asam laktat, total asam laktat dan total Pseudomonas sp. Perbedaan lama fermentasi berpengaruh nyata terhadap angka lempeng total, total bakteri asam laktat, total asam laktat dan total Pseudomonas sp. Sedangkan interaksi konsentrasi Pediococcus halophilus FNCC-0032 dan lama fermentasi berpengaruh nyata terhadap angka lempeng total, total asam laktat dan total Pseudomonas sp.


Ketersediaan

S002133S664,07 Dia p 2016Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
664,07 Dia p 2016
Penerbit Fak. Pertanian : Inderalaya.,
Deskripsi Fisik
xiv, 73 hlm. : ilus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
664,07
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this