Image of Penilaian risiko keselamatan dan kesehatan kerja pada penyapu jalan badan pertamanan dan kebersihan kota kabupaten Ogan Ilir

Text

Penilaian risiko keselamatan dan kesehatan kerja pada penyapu jalan badan pertamanan dan kebersihan kota kabupaten Ogan Ilir



Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan hal penting yang harus dilaksanakan di setiap jenis pekerjaan, salah satunya adalah pada penyapu jalan. Penyapu jalan Badan Pertamanan dan Kebersihan Kota Kabupaten Ogan Ilir melakukan pekerjaannya di sepanjang jalan Kota Indralaya, dimana lingkungan tempat kerja dari penyapu jalan merupakan area terbuka. Dengan demikian, risiko untuk terjadinya kecelakaan maupun penyakit akibat kerja pada penyapu jalan cukup besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis risiko bahaya pada penyapu jalan Badan Pertamanan dan Kebersihan Kota Kabupaten Ogan Ilir.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional yang menggunakan analisis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Informasi dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap 12 informan, serta dilakukan observasi dan telaah dokumen. Analisis data yang digunakan adalah triangulasi sumber, metode, dan data. Data disajikan dalam bentuk matrix risiko dan narasi sebagai akhir dari penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari aktivitas pekerjaan yang dilakukan oleh penyapu jalan memiliki potensi bahaya yang berisiko untuk terjadinya kecelakaan maupun penyakit akibat kerja. Potensi bahaya yang paling tinggi pada penyapu jalan adalah risiko untuk tertabrak kendaraan yang berada pada Level High yang secara umum tidak dapat diterima.Upaya pengendalian yang telah dilakukan pada penyapu jalan seperti penggantian alat kebersihan/ alat pelindung diri yang rusak, memodifikasi/ redesain alat kebersihan, rotasi kerja, rekrutmen pekerja baru/ pergantian pekerja, penyuluhan kesehatan K3, asuransi kecelakaan kerja, inspeksi/ pemantauan dan pembinaan tentang pemakaian alat pelindung diri, dan pemberian pemberian alat pelindung diri. Rekomendasi untuk Badan Pertamanan Dan Kebersihan Kota Kabupaten Ogan Ilir untuk melakukan upaya pengendalian seperti pembuatan prosedur kerja, pemeriksaan kesehatan, pencatatan kecelakaan maupun penyakit akibat kerja.


Ketersediaan

S002660S363.110 7 Fen p 2015Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
363.110 7 Fen p 2015
Penerbit : Inderalaya.,
Deskripsi Fisik
xv, 103 hlm. : ilus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
363.110 7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this